Self Love

by - May 20, 2020


Banyak hal yang membuat manusia tidak menyukai diri mereka sendiri. Apalagi ketika individu pernah mengalami masa-masa kelam, mereka cenderung membenci diri mereka sendiri dan bisa menyebabkan gangguan kejiwaan. Kurang mencintai diri sendiri dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti melukai diri sendiri hingga berusaha untuk mengakhiri hidup. Dikutip dari Wolipop Lifestyle (2018) kasus Aktris Jada Pinkett Smith yang melakukan percobaan bunuh diri. Istri Will Smith ini baru mencoba untuk bunuh diri. Beruntung, Jada mengambil kebijakan "Kesehatan mental adalah sebuah praktik mencintai diri sendiri".

Mencintai diri sendiri memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri dan menjadikan hidup tenang dan damai. Menurut Stephanie Kang (2018), seorang psikolog dari PsychCentral (psychcentral.com), menjalin hubungan dengan diri sendiri adalah hal yang paling penting di muka bumi ini. Sederhananya, memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri akan membantu kita untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain, sekaligus menjadi langkah awal kesuksesan dalam hidup. Dengan mencintai diri sendiri, manusia belajar untuk memahami diri dan terus bersyukur dengan apa yang dimiliki atau menerima segalanya yang terjadi pada hidupnya. Sehingga rasa stres dan sedih yang kita rasakan akan berkurang karena kita ikhlas menerimanya. Selain itu, menurut Joslyn yang berusia 12 tahun dari Singapura mengatakan jika kita mencintai diri sendiri maka kita akan merasa lebih senang dan lebih positif terhadap diri kita sendiri. Manusia yang terbiasa dengan pikiran-pikiran positif mengenai dirinya akan mudah menyemangati dirinya sendiri. Lalu, Trisha Bosas yang berusia 16 tahun dari Filipina mengatakan jika kita mencintai diri, kita akan belajar mencintai orang-orang di sekitar kita dan mereka juga akan mencintai kita.

Pada dasarnya, manusia tidak dituntut untuk fokus pada omongan orang lain dan juga tidak akan disibukkan untuk membandingkan diri dengan kehidupan orang lain, sehingga akan punya lebih banyak waktu untuk mengurus diri sendiri menjadi lebih baik lagi, atau dikenal dengan istilah “Me Time”. Me time merupakan salah satu cara meningkatkan rasa cinta pada diri sendiri dengan meluangkan waktu untuk menyelami diri sendiri lebih jauh atau melakukan deep talk dengan diri sendiri. Sering kali kita mudah untuk memberikan waktu kepada orang, tetapi kita jarang memberikan diri sendiri waktu untuk melakukan proses pengenalan diri, refleksi, merenung, atau evaluasi diri. Sesederhana pula Me Time diwujudkan melalui melakukan hal-hal yang disukai diri secara sendirian tanpa ada distraksi dari berbagai hal termasuk manusia dan sosial media. Dikutip dari Body and Soul (2015) praktisi yoga, Kate Kendall menuturkan me time bisa saja berupa kegiatan sederhana seperti mengambil napas dalam-dalam di meja kerja, atau sampai tahap yang lebih kompleks yakni merencanakan liburan. Hal yang pelaing penting, jadikan me time sebagai waktu untuk menyenangkan diri Anda sehingga bisa membuat Anda kembali bisa menikmati hidup dan optimis menghadapi tujuan Anda. Karena fungsi dari me time sendiri yakni kembali mengisi energi tubuh kita.

 

 #BPNRamadan2020

#Day29

#challangenulisblog30haribyBloggerPerempuanNetwork


You May Also Like

2 komentar

  1. tulisan yang bagus kak. Maaf sekedar saran menurut sara sebaiknya ukuran fontnya di samakan semua kak dan untuk bagian-bagian yang di anggap penting seperti pendapat seseorang tentang suatu hal bisa di boold atau di italic sehingga lebih mudah terlihat.

    Secara keseluruhan tulisan kakak sudah bagus. Tentang self love itu terkadang memang muncul sikap membandingkan diri ketika terlalu banyak membuka sosmed, melihat teman-teman sudah banyak pencapaian sedangkan diri sendiri belum sehebat yang lain. Kalau saya berada dalam posisi tersebut biasanya mengurangi untuk membuka sosmed supaya tidak keterusan membandingkan diri. Kemudian berusaha menyadari kalau tak ada manusia yang sempurna, saat seseoorang hebat di satu bidang mungkin ia kurang hebat di bidang lainnya, begitu pula dengan diri k.ita ketika kita kurang hebat dalam satu bidang, kita pasti hebat di bidang lainnya. Kita hanya perlu menemukan bidang yang bisa kita kuasai dan melatihnya secara terus menerus.

    Semangat menulis kak

    ReplyDelete
  2. maaf ada typo
    bukan menurut sara, tapi menurut saya
    bukan boold tapi bold

    ReplyDelete